Tips memilih lantai kayu agar solid dan bagus hasilnya

Apakah anda telah memutuskan menggunakan Lantai Kayu untuk rumah baru anda ? ya tentunya anda akan menyadari bahwa memilih lantai kayu yang terbaik adalah bukan pekerjaan yang mudah. Hal ini dikarenakan anda perlu mempertimbangkan berbagai faktor yang akan membantu anda memilih salah satu yang sesuai dengan dekorasi dan perabot di rumah anda.

Berikut adalah tips sederhana memilih lantai kayu menurut jasa renovasi rumah Surabaya :

Pilihan dasar kayu :

1.  Lantai kayu Solid

Merupakan Lantai Kayu murni sebagai bahan dasar lantai yang dilengkapi papan berbentuk tebal dan padat. Lantai kayu solid sangat ideal untuk rumah dengan sub lantai yang terbuat dari beton atau acian.

2. Lantai kayu Engineering

Lantai kayu dikenal sebagai lantai kayu lapis, dimana core atau inti dari kayu ini memiliki lapisa-lapisan veneer. Dikarenakan sifatnya yang cukup kuat, lantai kayu engineering sangat ideal untuk rumah yang terletak di daerah yang lembab.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lantai kayu

Ketika Anda memilih lantai kayu, pastikan bahwa Anda pertama kali telah  merencanakan ruangan mana yang akan menggunakan lantai kayu. Jika Anda menginstal lantai ini dalam bangunan pada lantai kedua, maka sangat berbeda dari apa yang anda lakukan untuk instalasi lantai kayu di ruang dasar. Maka dalam hal ini anda harus mempertimbangkan sub jenis lantai yang anda miliki, umumnya ada 3 jenis sub lantai yang berbeda untuk digunakan seperti kayu lapis, papan partikel dan beton.

Sub lantai beton

Anda dapat memilih lantai kayu engineering jika sub lantai anda dari beton.

Papan partikel

Dapat digunakan dibawah karpet, harga jauh lebih murah daripada kayu lapis.

Kayu lapis

Ini adalah jenis subfloor biasa yang juga serbaguna karena dapat mendukung lantai kayu. Hal ini juga memungkinkan bagi anda yang ingin menggunakan lantai kayu engineering maupun solid.

Apa gaya rumah Anda?

Anda mungkin tergoda untuk memilih beberapa gaya lantai kayu karena mereka mungkin tampil memukau dengan nuansa elegan. Tapi pastikan bahwa Anda mempertimbangkan gaya rumah Anda

dibangun dengan :

Gaya modern

Anda dapat melihat  lantai kayu maple, tidak memiliki knot untuk menampilkan suasana modern dan trendi. Atau anda dapat memilih yang berbutir atau lantai dengan beberapa pola yang dibuat sendiri untuk mencampur dan mencocokkan dengan dekorasi.

Gaya tradisional Anda dapat memilih lantai kayu hickory pecan karena akan menampilkan suasana gelap dan potongan ringan untuk pujian interior rumah vintage Anda. Anda dapat selalu bereksperimen pada finishing lain karena tidak hanya menambahkan sedikit warna ke lantai Anda, tetapi juga melindungi dari kotoran dan debu.

Jika Anda memiliki warna dinding cahaya dengan banyak sinar matahari di siang hari maka Anda dapat mencari lantai kayu yang menampilkan cahaya berwarna terang dan jika rumah Anda gelap di siang hari kemudian anda dapat memilih lantai yang lebih gelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *